Thu. Aug 13th, 2020

Wuling Sekarang Hanya Cortez Pasar yang Bersenjata dengan Mesin Turbo, Apa manfaatnya?

2 min read

Wuling Cortez CT Tipe S Indonesia

Autonesian.com – Wuling Motors baru saja menyelesaikan lini produknya di negara ini dengan meluncurkan varian termurah dari Cortez CT tipe S dan menjadi bagian dari keluarga varian C dan Mewah (L).

Jika Anda lihat sebelumnya, pabrikan Cina ini juga menghadirkan Cortez yang dipersenjatai dengan mesin non-turbo 1.8, tetapi ternyata tidak lagi dalam produksi.

Oleh karena itu, saat ini memilih untuk fokus pada penjualan Cortez CT dipersenjatai dengan mesin turbo untuk pasar otomotif Indonesia. Apa alasan dan keunggulan signifikan yang ditawarkan dari mesin turbo Wuling ini sehingga mesin lama juga ditinggalkan?

Hal ini juga diungkapkan oleh Danang Wiratmoko, Perencanaan Produk Wuling Motors Indonesia, yang menyatakan kehadiran model ini untuk meringankan beban konsumen terkait alasan pajak, di mana pajak untuk mesin 1.800 cc lebih mahal dari 1.500 cc.

"Secara tidak langsung, pajak yang harus dikenakan pada konsumen berkurang, karena untuk mesin di atas 1.500cc perhitungan pajak akan berbeda," jelas Danang di Jakarta.

Kemudian meskipun dipersenjatai dengan mesin 1.500 cc, tetapi dengan turbo ini dikawinkan kinerja Wuling Cortez tidak dapat diremehkan. Karena dengan keberadaan mesin kecil dan disandingkan turbo, energinya sebenarnya setara dengan mesin berkapasitas 2.000 cc.

Di sisi lain, walaupun kekuatannya melonjak tajam ternyata untuk mobil keluarga khusus dan dapat diandalkan di mana saja ia juga mampu menawarkan efisiensi bahan bakar yang efisien.

Wuling Cortez CT Tipe S CVT-Kursi Kapten

"Kelebihan penggunaan mesin turbo adalah kapasitas mesin kecil tapi bisa menghasilkan tenaga besar. Jadi menurut kami itu benar-benar sesuatu, tepat untuk era saat ini," tambah Danang.

Varian terbaru dari Wuling Cortez adalah mesin bensin empat silinder 1.500 cc turbochanger, yang dapat bertenaga hingga 140 HP dengan tenaga dan torsi maksimum pada 250 Nm.

Selain menawarkan konfigurasi mesin yang cocok dan harga murah, mesin turbo pada model MPV Wuling Cortez adalah perawatan minimal. Di mana konsumen tidak terlalu merepotkan daripada mobil dengan mesin biasa dan hanya melakukan penggantian oli reguler dan layanan reguler.

"Jadi perawatan mesin turbo modern sekarang tidak perlu ritual khusus seperti di masa lalu. Tidak perlu lagi menunggu turbo berhenti sebelum mematikan mesin," jelas Danang.

Dia juga menekankan, "Jika perawatan sekarang mudah untuk mematikan mesin, matikan saja, akan ada sistem komputer yang mengendalikan turbo. Yang penting adalah penggantian oli rutin, dan penggunaan bahan bakar yang tepat."

Saat ini, Wuling Motors sendiri menawarkan pasar otomotif di Tanah Air yang sudah memiliki dua model yang mengandalkan mesin turbo, termasuk model SUV Almaz dan keluarga Cortez.

Kedua model itu, dia mengakui, hingga saat ini juga tidak ada masalah, artinya selama kehadiran Wuling Motors yang berusia tiga tahun di Indonesia belum menerima keluhan dari konsumen.

Pos Wuling Sekarang Hanya Cortez Pasar yang Bersenjata dengan Mesin Turbo, Apa manfaatnya? muncul pertama kali Autonesian.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.