Sat. Sep 26th, 2020

Bunyi Mencicit Saat Pedal Kopling Dioperasikan

2 min read

Jangan menganggap suara sepele terdengar di kabin mobil

Jakarta, Autos.id – Pengemudi biasanya menginginkan suasana kabin yang tenang. Keinginan ini juga telah ditanggapi oleh banyak produsen. Pabrikan mendesain mobil dengan ruang kabin setenang mungkin. Mereka meminimalkan suara yang dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

Tapi, jangan lengah. Sangat mungkin bahwa suara-suara yang mengganggu masih dapat terjadi karena pengemudi kurang memperhatikan kendaraan.

Salah satunya adalah suara berderit yang terdengar setiap kali pedal kopling beroperasi. Ada suara aneh ketika pedal kopling diinjak atau dilepas. Kasing suara berderit ini cukup umum di mobil lama dan baru.

Saat Anda membiarkannya sendirian, bukan hanya kenyamanan yang terganggu. Masalah yang tampaknya sepele ini dapat membuat pengendara lebih merepotkan. Ketika kerusakan semakin memburuk, misalnya, pedal kopling akan terasa lebih keras dari biasanya.

Pada dasarnya casing ini terjadi karena kurangnya pelumasan pada drive clutch. Ada satu hal yang umumnya membuat pelumasan berkurang, bahkan habis dan kering sepenuhnya. Selain penggunaan kendaraan, pelumas juga dapat dikurangi jika kendaraan terlalu sering melewati genangan air.

Percikan air pada logam dalam sistem sambungan (terletak dekat dengan permukaan jalan) dapat menyebabkan pelumasan tidak berfungsi dengan baik. Bunyi muncul karena secara teknis akan ada kontak antara logam ketika pedal kopling bekerja.

Dikutip dari AstraWorld, kemungkinan dilihat dari cara kerja sistem kopling. Saat kami menekan pedal kopling, hasil pijakan akan diteruskan ke garpu pelepas. Garpu rilis ini yang kemudian menekan pegas diafragma (pegas diafragma) melalui bantalan (bantalan rilis).

Untuk dapat menekan pegas diafragma, garpu pelepas membutuhkan satu pijakan sebagai titik tumpu. Pelepasan garpu dan alas setiap minggu adalah sumber bunyi berderit saat pelumasan di bagian ini kurang.

Solusinya tentu saja mudah. Tambahkan pelumasan ke persimpangan dua logam sebelumnya. Atau Anda juga bisa menyemprotkan cairan anti karat di tempat yang sama. Kasus seperti ini seharusnya tidak muncul jika Anda secara rutin melakukan servis. Saat suaranya bagus, minta mekanik untuk menambahkan lemak atau menyemprotkan cairan anti karat saat servis kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.